Fungsi Iringan Musik dalam Kesenian Sintren

Fungsi Iringan Musik dalam Kesenian Sintren

Lagu Turun Sintren
Fungsi memberi suasana tenang dan romantis untuk mendukung penari Sintren dalam mencapai Trance
Simbar Melati
Menciptakan suasana senang, gembira, dan lincah untuk mendukung penari agar segera keluar dari kurungan dan mulai menari.
Widasari
Menciptakan suasana tenang dan romantis yang mendukung penari Sintren dalam memulai tarian.
Tambak-tambak Pawon
Menciptakan suasana senang, gembira, dan lincah untuk mendukung Sintren dalam menari untuk menghibur para penonton .
Jamang-jamang Topi
Menciptakan suasana tenang dan romantis yang mndukung penari Sintren dalam menari berpasangan dengan bodor
Bapa Tani
Menciptakan suasana gembira, senang, dan lincah yang mendukung pada saat acara balangan.
Kembang Mawar
Menciptakan suasana gembira, senang, dan lincah yang mendukung pada saat acara temohan
Gending bentuk kumuda berirama tanggung
Menciptakan suasana tenang dalam akhir pertunjukan yaitu menyadarkan penari Sintren.
Simpulan
Musik iringan kesenian sintren merupakan iringan musik campuran yaitu iringan bentuk vokal dan instrumental. Bentuk musik iringan kesenian Sintren kebanyakan menggunakan laras slendro. Pada irama musik iringan kesenian Sintren di desa Pagejugan terdapat irama tanggung dan harmonisasi pada iringan musik kesenian sintren disesuaikan dengan vokal sinden, apabila sinden menyanyi dengan suara lembut, maka iringan musiknya pun akan menjadi halus, begitupun sebaliknya. Bentuk lagu pada iringan kesenian sintren adalah bentuk kumuda dan ladrang. Fungsi musik iringan bagi kesenian itu sendiri adalah fungsi yang berhubungan dengan bentuk musik dan proses pertunjukan Sintren, yaitu gending bentuk kumuda berirama tanggung merupakan pembentuk suasana tenang dan romantis, yaitu pada saat pembentukan penari Sintren, pada proses penyajian hiburan, dan prosesi penutup. Gending bentuk ladrang berirama tanggung merupakan pembentuk suasana gembira, senang, dan lincah, yaitu pembentukan penari Sintren, penyajian hiburan, proses permohonan. Fungsi musik bagi masyarakat pendukungnya adalah sebagai sarana komunikasi. Selain sebagai komunikasi juga sebagai sarana, sebagai penghayatan estetis, sebagai persembahan simbolis, dan sebagai sistem proyeksi.
Mohon maaf jika ada kesalahan kata baik bahasa maupun sumber dari yang aslinya saya mukhibulloh selaku penulis masih tahap belajar lebih mengenal sintren, semoga bermanfaat.

0 Komentar